Pameran perdagangan, investasi dan pariwisata Pameran Pasifik yang diprakarsai oleh pemerintah Indonesia bertujuan untuk membuka akses pasar untuk produk-produk unggulan di Indonesia dan negara-negara di kawasan Pasifik. Melalui pameran yang diadakan di Auckland, Selandia Baru, dari 11-14 Juli 2019, Indonesia ingin meningkatkan kehadiran dan pengaruhnya di Pasifik.
Menurut Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, Indonesia secara geografis merupakan bagian integral dari komunitas Pasifik karena lima provinsi terletak di Samudra Pasifik. Penduduk Indonesia juga terdiri dari ras Melanesia di Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta ras Polinesia di Maluku dan Maluku Utara.
Indo Masih Pasar Terbesar Di Wilayah Pasifik - Kehadiran Indonesia di Pasifik akan memperluas pasar di wilayah ini yang memiliki populasi 30 juta dan 1,2 triliun dolar AS dari PDB. Kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda, bukan membantu, tetapi membuka akses pasar. Dengan populasi 260 juta, Indonesia dapat menjadi pasar yang mudah bagi negara-negara Pasifik yang memiliki keunggulan dalam produk pertanian, perikanan dan pariwisata, kata Tantowi.
Upaya Indonesia untuk memanfaatkan lokasi geografis dan kedekatan sosial budaya dengan negara-negara Pasifik sedang dilakukan di tengah-tengah kebijakan Reset Pasifik yang dipelopori oleh Australia dan Selandia Baru untuk merangkul negara-negara Pasifik melalui kerja sama ekonomi, peningkatan sumber daya manusia, dan keterlibatan masyarakat pasif di dunia.
Namun, Tantowi mengatakan bahwa Indonesia tidak ingin bersaing dengan kedua negara, bahkan dengan Amerika Serikat dan Cina, yang juga memperluas pengaruh mereka di Pasifik.
Artikel terkait: sewa dan rental mobil di bali dengan system lepas kunci termurah.
Tidak ada motif politik di balik pelaksanaan Eksposisi Pasifik, kecuali jika kita ingin memainkan peran dan berkontribusi di Pasifik, katanya.
Melalui kegiatan ini, semua negara di kawasan Pasifik termasuk Indonesia dan Timor Leste diberi kesempatan untuk memamerkan produk-produk unggulan dan potensi investasi.
Di sela-sela pameran, sejumlah forum pariwisata, perdagangan dan budaya akan diadakan, serta acara-acara bisnis yang cocok untuk memajukan kepentingan semua negara yang berpartisipasi.
Forum pariwisata dengan tema Menuju Satu Tujuan Pasifik dimaksudkan untuk mengintegrasikan negara-negara di Pasifik Selatan menjadi tujuan wisata baru.
Daerah ini diproyeksikan menjadi raksasa baru di dunia pariwisata, kata Tantowi.
Eksposisi Pasifik ini didukung oleh Selandia Baru dan Australia akan menjadi kegiatan tahunan yang berkelanjutan, untuk mengembangkan interaksi antara Indonesia dan wilayah Pasifik.
Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam telah mencatat bahwa jumlah kedatangan wisatawan asing di Kota Batam di Provinsi Kepulauan Riau meningkat menjadi 173.947 pada bulan Maret 2019, dari 150.088 sebulan sebelumnya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan di sini pada hari Selasa bahwa sejak awal 2019, jumlah wisatawan yang tiba di Batam telah menunjukkan kenaikan bulanan mengikuti berbagai program yang disediakan oleh pemerintah dan pelaku bisnis.