Perusahaan transportasi milik kota PT LRT Jakarta telah berupaya meningkatkan layanannya, terutama sehubungan dengan menyempurnakan sistem tiket yang telah menjadi perhatian. Direktur pelaksana perusahaan, Allan Tandiono, menunjuk waktu yang dibutuhkan untuk memindai tiket atau proses masuk dan keluar namun menjadi perhatian. Proses untuk memindai tiket memakan waktu, sehingga menghasilkan antrian panjang dan ketidaknyamanan bagi penumpang.
Jika pemrosesan tiket lambat, antrian akan meningkat, dan layanan kami tidak akan sebaik mungkin, Tandiono menekankan di Stasiun Velodrome di Jakarta, Selasa, pada hari pertama uji coba publik gratis LRT Jakarta. Layanan tiket adalah salah satu kekhawatiran selama uji coba publik gratis, mulai Selasa (11 Juni).
Kritik Tentang Proses Pemindaian Tiket Untuk LRT - Selain layanan tiket, Tandiono mengatakan bahwa perusahaan telah membuat banyak perubahan untuk uji coba publik sesuai dengan masukan dari mereka yang telah menggunakan LRT selama uji coba operasional terbatas untuk Asian Games tahun lalu. PT LRT Jakarta telah meningkatkan volume pengumuman publik di area stasiun dan di kereta api.
Pengumuman publik volume yang lebih rendah, karena kami memiliki insinyur suara dari Korea dan Jepang. Orang-orang di kedua negara itu tidak ingin pengumuman itu terlalu keras, tetapi bagi orang Indonesia, jika pengumumannya terlalu rendah volumenya, mereka sulit mendengarnya. Karena itu, kami menaikkannya (volume), Tandiono menunjukkan. Jalur LRT Jakarta berjalan 5,8 kilometer dari Kelapa Gading, Jakarta Utara, ke Velodrome Internasional Jakarta di Jakarta Timur.
Meliputi lima stasiun, jam operasional adalah dari 5:30 pagi hingga 11 malam. waktu setempat setiap hari selama uji coba publik. Penumpang yang tertarik diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu di situs resmi LRT Jakarta www.lrtjakarta.co.id/uji-publik.html, dengan memasukkan informasi pribadi mereka dan memilih tanggal untuk memesan kursi. Setelah pendaftaran online, mereka akan dikirimkan e-tiket yang akan dibawa sebagai imbalan untuk tiket sekali jalan di stasiun LRT terdekat.
Pemerintah Jakarta belum memutuskan tanggal untuk LRT Jakarta untuk memulai operasi komersial. LRT Jakarta telah menetapkan tarif flat sebesar Rp5.000, (atau 35 sen AS), sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Gubernur No. 34/2019 tentang harga tiket MRT dan LRT. Menteri Koordinator Kelautan Luhut Binsar Pandjaitan menarik perhatian pada kenyataan bahwa tiket penerbangan domestik Indonesia dihargai terendah keenam di dunia.
Lihatlah tiket penerbangan Garuda Indonesia. Mereka adalah yang terendah keempat atau keenam di dunia. Oleh karena itu, mereka termasuk yang termurah. Namun, ini tidak kondusif bagi perusahaan. Itu juga merupakan kekurangan pemerintah, katanya di kumpul-kumpul Idul Fitri di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Selasa.
%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Dia berpendapat bahwa salah satu bidang yang pemerintah goyah adalah untuk memungkinkan harga bahan bakar turbin (avtur) naik atau juga melebihi harga referensi Mid Oil Platts Singapore (MOPS).
Itulah sebabnya saya pernah menyoroti perlunya satu pesaing lainnya. Beberapa orang mengatakan (pemerintah harus mensubsidi harga) avtur BBM di daerah. Jika daerah tertarik untuk melakukannya, maka mereka harus mencari mitra yang bersedia mensubsidi harga bahan bakar avtur. Mengapa Singapura bisa menjual avtur 20 persen lebih rendah dari kami, katanya?
Faktor lain di balik kenaikan harga tiket pesawat adalah inefisiensi pada pihak Garuda Indonesia dan Lion Air yang mendominasi industri penerbangan domestik, ia menekankan.
Inefisiensi terkait dengan pembelian pesawat yang tidak selaras dengan persyaratan dan upaya efisiensi, katanya. Namun, Garuda meningkatkan armadanya dan begitu juga Lion Air, tambahnya. Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita dan Wakil Menteri Perdagangan Chili Rodrigo Yáñez Benítez bertukar Instrumen Ratifikasi (IoR) dari Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Chili (IC-CEPA).
Implementasi IC-CEPA adalah momen bersejarah. Selain sebagai perjanjian perdagangan pertama dengan negara Amerika Selatan, IC-CEPA juga akan membuka pintu untuk produk ekspor Indonesia di wilayah Amerika Selatan, Menteri Perdagangan Lukita mengatakan di sini pada hari Selasa.
Menteri Perdagangan akan menjadikan Chili sebagai negara penghubung untuk produk ekspor Indonesia di Amerika Selatan karena lokasinya yang strategis.
Pertukaran IoR adalah prosedur hukum penting sebelum penerapan IC-CEPA. Sejalan dengan mandat yang diputuskan dalam perjanjian, IC-CEPA akan mulai berlaku 60 hari setelah pertukaran IoR, khususnya pada 10 Agustus 2019. Sebelum acara pertukaran IoR, Lukita dan Benítez telah bertemu untuk membahas pemanfaatan IC-CEPA yang paling efektif dan optimal. Saya menyampaikan kepada Wakil Menteri Rodrigo pentingnya perjanjian ini untuk memberi manfaat bagi pelaku bisnis di kedua negara.